:::: MENU ::::
  • KAJIAN TAFSIR

  • KAJIAN UMUM

  • Agustus 03, 2019



--izzuddin abdurrahim adnan--

Dalam dunia nyata Gus Baha’ tidak bermain media sosial seperti umumnya orang kebanyakan ataupun Gus-Gus yang lain, baik official maupun pribadi. Namun pada kenyataannya di dunia maya, nama Gus Baha tak kalah tenar. Nama beliau mulai melejit sejak setahun terakhir. Jumlah pencarian rata-rata per bulan jutaan. Terutama pada bulan Juni-juli kemarin hingga menembus angka sekitar hampir sejuta views, dengan retensi angka tertinggi 100+ rb views dalam waktu 24 jam untuk satu video. Alhamdulillahnya video dengan views terbanyak terkait beliau itu diunggah akun AE CHANNEL dengan judul Gus Baha’ Manusia Qur’an. (https://youtu.be/AK6ZhyeI3RE)
Berdasar situs pencarian google, kata kunci yang terkait paut dengan gus baha terdapat 129 keyword yang masuk, dengan keyword teratas “GUS BAHA”. Jumlah total pencarian per bulan mencapai rata-rata 15 juta pencarian. Situs terkait beliau, posisi teratas (website) ditempati (alif.id) dengan kunjungan 1.094 dan social share 3.250 dalam satu artikel berjudul “Kisah Gus Baha: Nasab, Perkawinan hingga Karir Intelektual”. Sedangkan di situs youtube posisi kunjungan teratas dalam 1 video ditempati ae channel mencapai hampir sejuta views (youtube.com/my_videos?o=U). Untuk total kunjunngan dari semua video gus baha’di youtube ditempati channel (NU Online), posisi kedua, (Kiswah tv9) dan Ngaji Kiyai di posisi ke-tiga. (Indonesia)
------------------------------------

AE CHANNEL : NGAJI GUS BAHA
Ngaji Gus Baha merupakan program ngaji online yang dibangun oleh situs youtube ae channel (https://www.youtube.com/my_videos?o=U) dengan salah satu tujuan utama ngaji kepada Mufassir muda dan ahli fiqih Indonesia, “GUS BAHA”. Konten yang disuguhkan berupa video, MP3 dan artikel yang terkait dengan kajian-kajian beliau. Baik kajian rutin maupun kajian umum.
Ae channel bukanlah official maupun akun pribadi Gus Baha’, melainkan akun yang dibangun oleh salah satu muhibbin beliau. Ae channel dibuat tanggal 9 bulan maret 2019. Hingga saat ini Alhamdulillah telah mengalami perkembangan yang lumayan (maaf pemain pemula). Jumlah Subcriber enam ribu Sembilan ratus delapan puluh satu (6981) ribuan per 3 Agustus 2019, dengan total views sebanyak satu juta tujuh ribu enam ratus lima puluh lima 1.007.655. Jumlah impression 12,841,362 dengan jumlah jam tayang sebesar 4,307,880.
Yang menarik, muhibbin Gus Baha ternyata kaum milenial (generasi yang lahir antara 90-an hingga 200-an (17-34 th) yakni lebih dari 60 %. Ini artinya, metode ngaji beliau digemari kaum Milenial saat ini. Sedangkan prosentase sisanya diisi kaum remaja 13-17 tahun dan kaum tua 35-65 tahun ke atas. Perbandingan gender (laki-laki : perempuan) 88,2% : 11,8%. Sedangkan pretense penonton by geography sebanyak 23 negara, temtu dengan dominasi Indonesia sebanyak 84%.
Untuk mendukung keberadaan ae channel sebagai media dakwah, admin berusaha membuat website meskipun masih dengan platform blogspot (www.ngaji-gusbaha.blogspot.com) dengan tujuan menampung artikel yang terkait paut dengan video Ngaji Gus Baha’ di Youtube. Selain itu FB juga menjadi hal utama guna menyebarkan Ngaji Gus Baha.
Kami sebagai admin mohon maaf sebab masih banyak yang kurang pas dengan keinginan nitizen semua. Doa, dukungan, saran dan kritik sangat membantu kami guna membesarkan channel ini. Trimakasih juga buat like, subcribe dan sharenya, semoga menjadi berkah kalian semua. Salam Hangat Doa Manjat.



GUS BAHA : TIPS & TRIK GUS BAHA' MENYIKAPI MEDSOS






A call-to-action text Contact us