:::: MENU ::::
  • KAJIAN TAFSIR

  • KAJIAN UMUM


PEMAKAMAN MA’LA : TEMPAT ISTIRAH KIAI MAIMOEN ZUBAIR
KH Maimun Zubair meninggal dunia Selasa (6/8/2019) pukul 04.17 waktu Mekah dalam usia 90 tahun di Mekah, Arab Saudi. Usai disalatkan di Masjidil Haram, almarhum dimakamkan di Pemakaman Al Ma'la usai salat Dzuhur.
Pemakaman Al Ma'la adalah pemakaman yang sangat bersejarah. Dihimpun ae channel dari berbagai sumber, ini adalah pemakaman paling penting bagi umat Islam di dunia setelah Pemakaman Baqi di Madinah. Warga lokal menyebutnya Jannat Al-Mualla. Pemakaman ini sudah ada di Mekah sejak sebelum Nabi Muhammad SAW lahir dan masih ada sampai sekarang.
Beberapa tokoh penting dalam sejarah Islam dimakamkan di sini. Mereka antara lain Siti Aminah, ibu Nabi Muhammad SAW; Abdul Muthalib, kakek Rasulullah; Paman Nabi, Abu Thalib kemudian ada istri pertama Nabi Muhammad SAW yaitu Siti Khadijah.
Selain itu, di kompleks pemakaman ini juga dikuburkan para sahabat dan ulama-ulama besar dan putra Nabi AS, Qasim bin Muhammad yang meninggal dunia ketika masih kecil, kakek Nabi SAW -Abdul Muthalib, dan sang paman Abu Thalib. Dan juga beberapa sahabat Nabi SAW lainnya adalah Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, Yasin bin Amar, Asmah binti Abu Bakar Siddiq. Menurut Sayyid Muhammad al Maliki, setidaknya ada 45 sahabat Nabi SAW yang gugur dan dimakamkan di pekuburan Ma'la.

Pemakaman Ma’la merupakan komplek pemakaman istimewa yang berada sejak zaman jahiliyah. Keistimewaannya telah disebut dalam sebuah hadits dari Abdullah bin Masud ra, bahwa Rasulallah saw bersabda: “Allah membangkitkan dari tempat ini (pemakaman Ma’la) dan dari seluruh tanah Haram 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab atau tanpa perhitungan dosa. Setiap orang dari mereka dapat membawa 70.000 orang. Wajah mereka cerah dan bersinar bagaikan bulan purnama. (Al-Jundi Fi Fadhailil Makkah)
Yang tak kalah istimewa lagi, ulama’ kita, kiai kita KH.Maimoen Zubair juga dimakamkan di tempat ini (al-Ma’la). Semoga kita menjadi salah satu bagian 70.000 orang dibelakang KH. Maimoen Zubair, Amin Ya Rabbal ‘Alamin. Al-Fatihah.
--ae channel—
*diolah dari berbagai sumber
إِنَّا لِلّهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهَُ، وَأَكْرِمْ نُزُوْلَهَُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَُ، وَاغْسِلْهَُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه، وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِوَعَذَابِ النَّارِ. اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَه وَلاَ تَفْتِنّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَأْوَاهَُ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ قَبْرَه رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الجِنَانِ وَلاَ تَجْعَلْ قَبْرَهَُ حُفْرَةً مِنْ حُفَرِ النِيْرانِ-
SUGENG TINDAK KIAI.


SELENGKAPNYA KLIK LINK DI BAWAH 
https://www.youtube.com/watch?v=PWj1qwQRmUQ

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us